COMPARE : New V-Ixion vs CB150R StreetFire, Handling Beda Tipis

Gambar

Yuk melanjutkan ulasan komparasi Honda CB150R versus Yamaha New V-Ixion. Pada tulisan ketiga ini, riding position dan handling jadi topik utama. Meski punya desain yang serupa yaitu sport naked, tapi karakter berkendaranya berbeda.Gambar

Dari posisi duduknya saja, punya feeling yang berbeda. Ketika duduk di jok CB150R, setangnya terasa sedikit lebih tinggi dari New V-Ixion. Tapi jangan bayangkan posisi duduknya tegak seperti naik New Mega Pro, tetap saja sedikit nunduk.

Tinggi jok CB150R sebenarnya tidak terlalu tinggi, tapi jadi kurang nyaman karena bentuk bagian belakang tangki terlalu lebar. Duduk harus lebih mengangkang dan bikin paha sedikit pegal. Untung, joknya lumayan empuk dan punya bahan jok bertekstur kasar. Dengan jok ini duduk jadi tidak licin meski pakai celana kain sekalipun. Posisi foot step-nya masih oke untuk berkendara sehari-hari.

Sedang New V-Ixion punya setang lebih pendek. Meski pendek, posisi duduknya tetap nyaman karena badan seolah masuk ke dalam bodi. Tangki dan joknya didesain enak dijepit. Paha tidak perlu terlalu ngangkang dan untuk rider 165 cm, kaki cukup jinjit sedikit saja.

Handling Beda Tipis Karakternya
Lanjut ke handling. Ketika berkendara di kemacetan, terasa kalau CB150R punya radius putar lebih sempit. Berkelok di jalanan sempit seperti di kemacetan jadi lebih mudah dilakukan.

Sedang New V-Ixion memang radius beloknya lebih lebar. Tapi tenang saja, untuk selap-selip di kemacetan tetap mudah kok.

Sedang untuk redaman suspensi, keduanya punya karakter yang berbeda. Sokbraker depan CB150R yang memiliki diameter 31 mm dan didukung konstruksi pro-link di suspensi monoshock-nya, sukses memberikan redaman yang baik. Khususnya ketika melaju di kecepatan tinggi.

GambarKiri pro-link Honda CB150R, kanan monocross New V-Ixion

CB150R memang cocok buat yang suka kencang. Suspensinya enggak terasa mengayun berlebih ketika menikung cepat. Padahal roda belakangnya hanya pakai pelek 2.50×17 dan ban 100/80-17.

Tapi urusan kenyamanan, suspensi New V-Ixion tetap lebih lembut dan nyaman. Sokbraker depannya yang memiliki diameter tabung 33 mm serta suspensi belakang monocross-nya memanjakan pengendaranya.

Gambar
Buat melaju, New V-Ixion juga tergolong mantap dengan kaki-kaki lebar. Roda depannya dikawal pelek 2.15×17 dan ban 90/80-17 sedang yang belakang pakai pelek 3.50×17 dan ban 120/70-17. Sayangnya ketika belok kencang, roda belakang masih terasa mengayun.

Beda tipis karakternya!

source : motorplus-online.com

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s