COMPARE : Yamaha Xeon RC vs Honda Vario Techno, Adu Fitur

Gambar

Setelah sebelumnya telah dibahas soal desain antara Honda Vario Techno 125 PGM-FI dan Yamaha Xeon RC, kini saatnya membahas fitur dan teknologi skutik yang masuk di kelas 125cc ini. Kelebihan fitur diharapkan bisa menambah fungsi pada kedua motor ini, sedang teknologi erat urusannya dengan performa dan gengsi tentunya!

Dan menariknya, beberapa fitur dan teknologi pada kedua motor ini masing-masing memiliki porsi yang hampir sama. Boleh di kata seimbang lah! Enggak percaya? Yuk bongkar detailnya..

Gambar
Mulai dari bagasi di bawah jok. Keduanya cukup luas, mampu menyimpan helm. Namun karena beda kapasitas yakni 18 liter pada Vario Techno 125 PGM-FI dan 12,8 liter di Xeon RC, kemampuannya menelan helm jadi berbeda.

Di Vario Techno 125 PGM-FI mampu menampung jenis helm full face dan sedang pada Xeon RC hanya muat helm dengan jenis half face. Tapi tanpa helm, keduanya tetap lega untuk menyimpan dua set jas hujan model setelan.

Buat safety, setelah facelift beberapa waktu yang lalu, Xeon RC jadi setara Vario Techno 125 PGM-FI. Rem parkir ada, standar samping yang bisa mematikan mesin otomatis bila terbuka juga sudah lengkap.

Gambar
Khusus pada rem parkir, cara pengoperasian keduanya sedikit berbeda. Pada Vario Techno 125 PGM-FI, setelah tuas rem belakang ditarik, harus tarik lagi tuas kecil di depannya ke atas. Sedang di Xeon RC, setelah tarik tuas rem belakang, tinggal pencet tombol di tuas tadi. Secara pengoperasian, rem parkir di Xeon RC lebih mudah digunakan.

Tapi urusan safety, Vario Techno 125 PGM-FI lebih unggul dengan adanya rem CBS (combi brake system). Dengan CBS, ketika melakukan pengereman belakang saja, maka secara otomatis rem depan ikut bekerja memberikan distribusi pengereman yang ideal.

Fitur lainnya, kedua motor ini juga sama-sama telah menggunakan kunci kontak yang terintegrasi dengan pembuka jok, jadi tak perlu repot cabut kunci jika ingin membuka jok. Pada Xeon RC tinggal putar anak kunci, sedang di Vario Techno 125 PGM-FI cukup pencet tombol.

Gambar
Pada bagian mesin ada beberapa bagian yang diunggulkan, untuk sistem pasokan bahan bakar keduanya sudah menganut injeksi hanya beda sistem. Vario Techno 125 PGM-FI menggunakan PGM-FI step 4, sedang Xeon RC pakai YMJet-FI yang memiliki 2 katup kupu-kupu di throttle body-nya.

Kemudian Vario Techno 125 PGM-FI punya sistem starter unggulan yang gabung dengan alternator (ACG), starter kini sangat halus tanpa suara. Sedang Xeon RC punya unggulan DiASil pada lapisan blok silinder ditemani forged piston, dengan menganut sistem pengapian cut off.

Tuh kan, makin seimbang..!!!

source : motorplus-online.com

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s